• Posted by : Unknown Wednesday, 24 February 2016



    BAB I
    PENDAHULUAN


    A.    Latar belakang
    Kondisi ekonomi di jaman sekarang sedang dalam keadaan krisis ekonomi, krisis ekonomi yang sedang terjadi pada saat ini sangat berpengaruh pada segi kehidupan ekonomi masyarakat, sehingga masyarakat sangat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga mengakibatkan rendahnya kehidupan ekonomi masyarakat dan itu sangat memprihatinkan. Selain itu dimana produksi perusahaan - perusahaan besar pun ikut menurun, banyak pula perusahaan - perusahaan yang berhenti berproduksi karena perusahaan tersebut juga tidak bisa lagi memproduksi dalam jumlah besar dan perusahaan banyak yang mengalami gulung tikar / kebangkrutan sehingga mengakibatkan penghentian karyawan - karyawan / yang lazim disebut phk (pemutusan hubungan kerja) sehingga menambah angka pengangguran dimana - mana semakin banyak dan khususnya di daerah saya sendiri karena sulitnya untuk mencari pekerjaan lagi.

    B.     Alasan
    Pisang merupakan tumbuhan tropis yang biasa hidup di dataran rendah  maupun di dataran tinggi. Sehingga banyak terdapat di berbagai daerah dan mudah mendapatkannya. Keripik pisang merupakan salah satu makanan jajanan yang sangat disukai oleh masyarakat. Cara pembuatannya sangat sederhana dan mudah dikerjakan oleh siapa pun. Dari pemahaman akan dunia usaha, sangat diharapkan produk yang sebaiknya dihasilkan untuk dapat bersaing dan diterima oleh kalangan masyarakat. Oleh karena itu, saya lebih memilih usaha untuk pengolahan keripik pisang.

    C.    Tujuan
    Adapun tujuan saya di dalam membuat usaha (makanan) ini adalah :
    1.      Untuk memenuhi kebutuhan ekonomi 
    2.      Untuk menambah daya tampung tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.
    3.      Dapat membantu para petani yang menanam pohon pisang
    4.      Memasarkan produk hasil olahan kepada masyarakat sekitar

    BAB II
    PERENCANAAN PEMASARAN

    Sistem pemasaran saya akan mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing saya dan sejauh mana kemampuan saya untuk bersaing dengan mereka dalam segala aspek, baik itu dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas yang saya berikan kepada para konsumen. Saya akan mensurvei dan meneliti pesaing - pesaing saya bagaimana caranya membuat keripik pisang ini agar berbeda dengan keripik pisang lainnya yang sudah beredar di pasaran. Bukan hanya rasanya saja yang berbeda namun saya akan membuat keripik pisang ini berbeda dari segi packing, dan cara pemasarannya juga, yang pasti akan lebih unik dari pada yang lainnya, dengan seperti itu para konsumen tidak akan mengalami yang namanya kejenuhan dalam mengkonsumsi makanan ini.

    A.    Promosi

    Promosi makanan yang cepat laku adalah pada tempat ramai seperti pasar, sekolah, kampus, kantor, itu adalah tempat yang paling strategis untuk mempromosikan barang dagangan. Berikut ini adalah beberapa cara promosi makanan yang akan saya lakukan :
    1.      Pertama adalah lewat brosur, cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan makanan yang saya jual, biasanya makanan sampai di konsumen melalui pesan antar atau sering disebut delivery.
    2.      Melakukan penjualan langsung, cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan yang di jual.
    3.      Melalui internet cara ini efektif walau tak semua orang memakai internet tapi cara ini cukup memberikan informasi yang lebih kepada orang karena saat ini orang banyak membuka internet seperti facebook, twetter, yahoo, google dan lain - lain, tak ada salahnya bila dicoba.
    4.      Melalui iklan radio, cara ini cukup lumayan walau tak ada gambar visual yang dapat terlihat tapi setidaknya pesannya dapat tersampaikan kepada masyarakat.





    B.     Tips pemasaran
    1.      Tips sukses berdagang
    a.       Tetapkan impian (carilah impian yang sesuai dengan hobi dan kemampuan) atau menjual produk sesuai dengan kebutuhan pasar
    b.      Cari tahu tentang bisnis itu (bahan baku, pemasaran, cara produksi)
    c.       Turun ke lapangan dan perkenalkan produk
    d.      Buat merek-logo produk
    e.       manajemen, usaha berjalan minimal 2 tahun dan sertakan proposal.
    f.       Perbaiki diri, perkuat branding, tingkatkan pelayanan, profesional, dan perluas pemasaran

    2.      Swot
    a.      Strengths (kekuatan)
    1)      harga keripik pisang ini cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat
    2)      kualitas dari keripik pisang ini sangat terjamin, karena dalam proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan untuk kesehatan.
    3)      tersedia kemasan berbagai ukuran
    4)      keripik pisang ini mempunyai rasa yang gurih dan enak
    5)      keripik pisang dapat menjadi salah satu alternanif makanan ringan yang praktis, dan hemat.
    b.      Weakness (kelemahan)
    1)      Bahan baku keripik pisang yang mudah rusak
    2)      Keripik pisang akan mudah rusak jika penyimpanan yang dilakukan sembarangan atau ditumpuk

    c.       Opportunity (peluang)
    1)      Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah saya untuk memasarkan produk.
    2)      Permintaan pasar yang semakin meningkat

    d.      Threats (ancaman)
    1)      Jumlah kompetitor yang terus meningkat
    2)      Munculnya produk baru yang lebih unggul
    3)      Kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas
    BAB III
    PROSES PEMBUATAN

    A.    Alat dan bahan
    Alat - alat yang digunakan dalam proses pembuatan keripik pisang ini diantaranya adalah :
    1.      Penggorengan (wajan) dan perlengkapan penggorengan lainnya digunakan untuk dalam proses penggorengan.
    2.      Parutan pisang atau pisau digunakan untuk memotong pisang
    3.      Tungku, penggunaan tungku karena agar dalam proses penggorengan dapat menghasilkan panas api yang cukup, karena jika menggunakan kompor gas bukan hanya karena boros saja melainkan api yang dihasilkannya pun kurang.

    B.     Bahan-bahan
    Bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan keripik pisang ini adalah :
    1.      Pisang, secara umum pisang yang sering digunakan dalam pembuatan keripik pisang ini yaitu pisang nangka, karena pisang nangka apabila digoreng pisangnya dapat kering disbanding dengan pisang - pisang lainnya.
    2.      Minyak goreng,
    3.      Garam.

    C.    Langkah - langkah atau proses pengolahan
    1.      Langkah awal saya yaitu memilih pisang yang muda untuk dijadikan produk.
    2.      Kemudian, garam dicampurkan menjadi ke dalam wajan atau loyang yang berisi air bersih, lalu diaduk sampai tercampur merata.
    3.      Selanjutnya, pisang tersebut dikupas, diiris tipis - tipis dan dimasukkan ke dalam loyang yang berisi larutan tadi.
    4.      Setelah itu, pisang diangkat dari larutan dan dimasukkan ke dalam penggorengan yang berisi minyak goreng, tetapi sebelum dimasukkan pastikan dulu minyak goreng telah panas.
    5.      Selama di dalam penggorengan, pisang diaduk - aduk atau digerak - gerakkan agar semuanya merata.
    6.      Apabila sudah kekuning - kuningan, pisang dapat diangkat dari penggorengan dan ditiriskan dalam beberapa menit. Tunggu hingga dingin, kemudian dikemas didalam kantong plastik dan keripik pisang pun siap untuk dijual / dipasarkan.












































    BAB IV
    PERENCANAAN BISNIS

    Dalam berwirausaha tujuan yang paling utama ialah memperoleh keuntungan. Keuntungan di sini tergantung pada apa yang kita hasilkan dan bagaimana cara menjual produk tersebut. Dalam sehari saya dapat menghasilkan dan menjual keripik pisang ini sebanyak 30kg dengan membutuhkan bahan baku yaitu pisang sebanyak 50 kg, selain pisang yang sebagai bahan baku dari pembuatan keripik pisang ini dibutuhkan juga minyak untuk melakukan proses penggorengan dan yang dibutuhkan sebanyak 15 kg, agar rasa keripik pisang ini gurih, renyah dan enak maka dalam proses pembuatannya dibutuhkan bumbu – bumbu sebagai penyedap rasa dalam keripik pisang ini.
    Dalam proses pembuatannya juga saya membutuhkan 3 orang sebagai tenaga kerja untuk membantu saya dalam memproduksi keripik pisang ini, dan setelah keripik pisang ini matang maka langkah selanjutnya adalah pengemasan maka saya membutuhkan kemasan untuk mengemas keripik pisang ini sebagai biaya pembungkus, setelah semuanya sudah siap maka keripik pisang tersebut tinggal dipasarkan / dijual, dengan itu maka saya membutuhkan biaya transportasi.
    Adapun harga - harga dari bahan - bahan pembuatan keripik pisang dan biaya - biaya yang akan keluar dalam produksi keripik pisang ini yaitu :
    1
    Pisang
    Rp. 4.000 / Kg
    2
    Minyak                     
    Rp. 10.500 / Kg
    3
    Bumbu 
    Rp. 10.000
    4
    Tenaga Kerja
    Rp. 20.000 / Orang
    5
    Biaya Pembungkus
    Rp. 10.000
    6
    Biaya Transportasi
    Rp. 10.000
    7
    Lain - Lain
    Rp. 10.000







    Adapun perhitungan rugi / laba selama proses produksi hingga proses pemasaran keripik pisang ini, dari mulai modal 1 hari, 1 minggu hingga 1 bulan dan laba yang diperoleh selama 1 hari, 1 minggu hingga 1 bulan yaitu sebagai berikut :
    Ø  Pisang 50 kg     x     Rp.   4.000                        =  Rp. 200.000
    Ø  Minyak 15 kg   x     Rp. 10.500                        =  Rp. 157.500
    Ø  Bumbu                                                              =  Rp.   20.000
    Ø  Tenaga kerja 3  x      Rp. 20.000                       =  Rp.    60.000
    Ø  Biaya pembungkus                                           =  Rp.    10.000
    Ø  Biaya transportasi                                             =  Rp.    10.000
    Ø  Lain – lain                                                         =  Rp.    20.000   +
                                                                                                  Rp. 477.500,-
    Harga jual keripik pisang ini               = Rp. 20.000 / kg
    Maka dalam sehari                              = 30 x Rp. 20.000 = Rp.600.000
    Jadi labanya                                        =  Harga Jual – Modal
        600.000 – 477.500
    =  Rp. 122.500 / hari
    Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
    &  Modal
    §    Modal dalam 1 hari              Rp.      477.500
    §    Modal dalam 1 minggu        Rp.  3. 342.500
    §    Modal dalam 1 bulan           Rp. 14.325.000
    &  Laba
    §    Laba dalam 1 hari                 Rp.    122.500
    §    Laba dalam 1 minggu           Rp.    857.500
    §    Laba dalam 1 bulan              Rp. 3.675.000]







    BAB V
    PENUTUP

    A.    Kesimpulan
    Kripik pisang adalah produk makanan ringan dibuat dari irisan buah pisang dan digoreng, dengan atau tanpa bahan tambahan makanan yang diizinkan. Tujuan pengolahan pisang menjadi kripik pisang adalah untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan/memperpanjang kemanfaatan buah pisang. Syarat mutu kripik pisang dapat mengacu SNI 01-4315-1996, Kripik Pisang.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Powered by Blogger.

    Copyright © - Rifda Denita

    Rifda Denita - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan