• Posted by : Unknown Wednesday 24 February 2016



    DAFTAR ISI

    DAFTAR ISI...................................................................................................................... i
    BAB I PENDAHULUAN
    A.    Latar Belakang Pembuatan Proposal Usaha............................................................ 1
    B.     Alasan Memilih Usaha............................................................................................. 1
    C.     Visi Dan Misi Perusahaan........................................................................................ 2
    D.    Tujuan...................................................................................................................... 2
    E.     Analisa Swot........................................................................................................... 2
    BAB II TINJAUAN UMUM
    A.    Aspek Manajemen Usaha........................................................................................ 4
    B.     Profil Usaha............................................................................................................. 4
    C.     Aspek Produksi....................................................................................................... 4
    D.    Nama Produk........................................................................................................... 5
    E.     Bahan Baku Produksi.............................................................................................. 5
    F.      Peralatan.................................................................................................................. 5
    G.    Proses Produksi....................................................................................................... 6
    H.    Biaya Produksi........................................................................................................ 6
    BAB III ASPEK PERMODALAN
    A.    Keuangan................................................................................................................. 7
    B.     Sumber Modal......................................................................................................... 7
    C.     Aspek Pemasaran .................................................................................................... 7
    BAB III PENUTUP
    A.    Kesimpulan.............................................................................................................. 9
    B.     Saran........................................................................................................................ 9










    BAB I
    PENDAHULUAN


    F.     Latar Belakang Pembuatan Proposal Usaha
    Proposal usaha merupakan dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan untuk mengembangkan semua unsur yang relevan, sehingga orang luas tertarik untuk menjalin kerjasama. Dalam pembuatan proposal ini ada dua aspek alasan yang penting, yaitu:
    1.      Alasan Edukasi
    a.       Proposal ini merupakan syarat untuk mengikuti ujian praktek kewirausahaan.
    b.      Untuk mengukur kemampuan siswa untuk berwirausaha
    2.      Alasan Bisnis
    a.       Merupakan persyaratan wirausahawan sebagai pemilik dan pemegang inisiatif dalam membuka usaha.
    b.      Mengundang orang-orang yang potensial untuk bergabung dan bekerjasama
    c.       Mengatur pembentukan kerjasama dengan perusahaan lain yang sudah ada dan saling menguntungkan.
    d.      Menjamin adanya fokus tujuan dari berbagai personil yang ada dalam perusahaan.

    G.    Alasan Memilih Usaha
    Kami memilih usaha ini karena proses-prosesnya cukup mudah untuk pemula bagi kami yang baru mendirikan usaha baru. Selain itu usaha donat ini banyak pengusaha lain yang meminati usaha ini sehingga para pengusaha lainya berlomba-lomba mempromosikan donat dengan harga paling murah tetapi kualitas produk itu kurang terjamin dari segi apapun dengan untung yang didapat masih relative kecil.
    Saya berbeda dengan menawarkan produk yang terjamin dari banyak segi baik kesehatan,kualitas,kuantitas dan brand produk tersebut dengan membuat rasa khas dengan bentuk donat berbeda. Maka saya telah menyiapkan semua rencana usaha dengan sedetail detailnya agar usaha ini semakin maju dan berkembang.




    H.    Visi Dan Misi Perusahaan
    1.      VISI
    Mampu bersaing di dunia bisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan serta menjadi wirausahawan sukses.
    2.      MISI
    a.       Membuat produk yang berkwalitas dan bermanfaat bagi konsumen
    b.      Lebih menguasai bidang bisnis serta dapat mengembangkan usaha ini
    c.       Mengembangkan makanan dengan harga yang dapat dijangkau masyarakat menengah keatas
    d.      Kreatif dan Inovatif dalam membuat rasa atau model bentuk donat yang baru
    e.       Teliti dalam berusaha,menciptakan daya tarik baru makanan berkelas,dengan menjamin mutu,kualitas dan kuantitas produk

    I.       Tujuan
    Melalui hal ini saya berusaha untuk:
    1.       Belajar dan mencari pengalaman berwirausaha
    2.       Berperan sebagai pencipta lapangan pekerjaan
    3.       Memenuhi kebutuhan masyarakat
    4.       Menanggulangi pengangguran sejak dini

    J.      Analisa Swot
    1.           Strength (Keunggulan)
    a.       Produk mudah dipasarkan
    b.      Cita rasa produk yang khas
    c.       Harga termasuk murah
    d.      Bentuk panganan yang menarik dan berbeda beda

    2.      Weakness (Kelemahan)
    a.       Membutuhkan tenaga kerja yang mampu membuat rasa khas enak, lezat, bergizi
    b.      Kerugian akibat barang rusak
    c.       Kurangnya karyawan dalam produksi



    3.      Opprtunity (Peluang)
    a.       Banyak orang tua ataupun anak-anaak yang menyukai makanan donat yang lembut
    b.      Proses distribusi mudah
    c.       Sudah memiliki relasi usaha dalam bidang distribusi atau took
    d.      Masyarakat yang kini lebih pintar dan modern yang lebih mementingkan kualitas produk dari pada harga yang murah
    e.       Gaya / Trend masyarakat modern yang tidak mau ketinggalan jaman buat mencoba/membeli sesuatu

    4.      Treatment (Ancaman)
    a.       Adanya pesaing yang membuat Donat jenis lain dangan harga setara.






















    BAB II
    TINJAUAN UMUM

    A.    Aspek Manajemen Usaha
    1.      Rangkuman Eksekutif
    Manajemen Pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai semua tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Fungsi manajemen pemasaran untuk menganalisis pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga diperoleh keuntungan untuk mendapat peluang usaha.

    2.      Sasaran Usaha
    Sasaran utama (pelanggan) dari bisnis ini adalah semua masyarakat. Sebab jika usaha ini dikenali masyarakat dan disenangi maka keuntungan yang didapat sangat banyak dan dapat mensejahterakan wirausaha serta membuat lowongan pekerjaan bagi pengangguran.  

    3.      Manajemen
    Usaha ini keluarga kami yang mengelola dan kami mengajak kerjasama para tetangga serta saudara yang dapat diandalkan dalam bisnis ini.  

    B.     Profil Usaha
    Nama Usaha               : Rema Fendy Jaya
    Jenis Usaha                 : Kuliner
    Alamat Usaha             : Jl. Raya Punggur Taman Fajar Purbolinggo
    No. Telepon                : 089620519318
    Blog                            :  remafendyjaya@blogspot.com

    C.    Aspek Produksi
    Kegiatan yang menimbulkan tambahan manfaat atau faedah baru. Dalam masalah ini atau menjelaskan mengenai jenis produksi, bahan baku, dan bahan penolong proses produksi



    D.    Nama Produk
    Nama produk adalah nama yang diberikan kepada suatu barang dagangan yang fungsinya untuk mengetahui nama panganan tersebut dan barang dapat di ingat lewat nama yang diberikan tersebut. Nama produk pudding ini adalah “ DONAT “. Diharapkan konsumen dapat mengungat apa yang mereka makan dan brand ini diharapkan sebagai keeberuntungan bagi saya. Nama ini saya ambil dari nama perusahaan saya yaitu PramRis.

    E.     Bahan Baku Produksi
    Usaha yang saya jalankan ini berupa pembuatan distribusi dan penjualan “DONAT”.
    Dalam proses produksi ini membutuhkan bahan, antara lain :
                                                                1.      Tepung Terigu
                                                                2.      Telur
                                                                3.      Mentega
                                                                4.      Gula Pasir
                                                                5.      Ragi
                                                                6.      Garam
                                                                7.      Air Mineral
    Sehingga perlu dilakukan proses pengolahan lebih lanjut untuk menjadi “DONAT” siap jual dan telah dikemas secara rapi dan siap disajikan

    F.     Peralatan
    Peralatan adaalah alat yang digunakan untuk memproduksi produk yang saya produksi. Berikut adalah beberapa peralatan yang saya butuhkan dalam memproduksi donat
    1.      Kompor Gas
    2.      Panci dan Pengaduk
    3.      Cetakan donat beraneka bentuk
    4.      Plastik mika atau plstik bening
    5.      Label
    6.      Nampan atau Loyang




    G.    Proses Produksi
    Berikut ini saya akan menguraikan proses produksi pembuatan dan penjualan DONAT :
    Pembuatan serta kemasaan sebagai berikut :
    1. Campur tepung terigu, ragi instan, susu bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
    2. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 40 gram. Bulatkan dan diamkan 10 menit.
    3. Pipihkan adonan dan lubangi tengahnya. Letakkan diloyang yang ditabur tepung terigu. Diamkan 30 menit sampai mengembang.
    4. Goreng dalam minyak padat yang sudah dipanaskan sampai matang. Angkat dan tiriskan.
    5. Celup ke cokelat masak pekat leleh. Tabur meises.
    Tahap selanjutnya yaitu kemasan, cara mengemas Donat sangat mudah, Donat yang telah di celup ke cokelat masak pekat leleh dan di taburi meises dimasukkan kedalam plastik kemasan lalu yang sudah diberi logo.

    H.    Biaya Produksi
    Biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi Pengeluaran biaya produksi pada usaha ini yaitu sebagai berikut :
    Biaya bahan baku Donat                                             : Rp. 750.000,-
    Biaya kemasan dan Pembuatan                                  : Rp. 250.000,-   +

    Jumlah biaya                                                               : Rp. 1.000.000,-
    Setiap satu kali produksi selama seminggu saya dapat memproduksi 1000 buah donat. Jadi setiap buah saya perkirakan dari awal sampai akhir proses pembuatan menghabiskan biaya sebesar Rp. 1.000 ,-



    BAB III
    ASPEK PERMODALAN

    A.    Keuangan
    Keuangan merupakan rincian dari biaya-biaya yang diperlukan dalam memperlihatkan biaya produksi, modal (investasi untuk modal awal berdirinya usaha), rencana penjualan, proyeksi, cashflow (1 bulan), perhitungan rugi dan laba dan neraca. Berikut adalah rinciannya:

    B.     Sumber Modal
    Modal adalah kolektivitas dari barang-barang yang ada dalam proses produksi. Modal adalah suatu yang sangat penting untuk mendirikan usaha.Untuk usaha ini saya memakai 2 sumber modal yaitu dari modal sendiri dan modal luar. Saya mempunyai modal sendiri sebesar 1.000.000,- Saya juga meminjam modal dari Bank Mandiri Syariah sebanyak Rp. 6.000.000,-

    C.    Aspek Pemasaran
    Dalam pemasaran produk menerapkan strategi yaitu “PRODUCT, PRICE, PROMOTION dan PLACE”
    1.      Produk
    Didalam upaya memperlancar pemasaran produk yang harus senantiasa ditekankan adalah pengembangan produk yang berkesinambungan tanpa mengurangi rasa dan kualitas produk itu sendiri. Disamping itu untuk menarik pelanggan juga dibuat kemasan produk menarik dengan tidak kuno. Sehingga produk tersebut semakin mempunyai karakter.

    2.      Price (Harga)
    Harga dalam strategi pemasaran adalah suatu komponen yang sangat relative untuk dilakukan tergantung jenis konsumen yang mana yang akan saya jadikan sasaran Dalam hal ini saya melihat dan meneliti bahwa kebanyakan pengusaha lainya berlomba-lomba membuat produk donat dengan menawarkan harga yang relative murah,jadi saya mempunyai peluang yang lebih besar untuk menjadikan masyarakat menengah keatas sebagai sasaran pemasaran,masyarakat yang lebih melihat dari segi produk bukan harga yang ditawarkan
    Dalam penetapan harga berpegang pada pemikiran bahwa kebijakan harga didasarkan atas tingkat harga yang wajar bagi dua pihak yaitu konsumen dan produsen. Serta lebih penting lagi harus terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.

                                  Bentuk rincian :
                                  Total penjualan          :  Rp. 48.000.000
                                  Total produksi           :  Rp. 24.000.000  -
                                  Laba Kasar                :  Rp. 24.000.000
                      Biaya                         :  Rp.      7.500.000  -
                      Laba Bersih               :  Rp.    16.500.000


    Harga beli per@                      Rp. 1.000,-
    Laba per@ dari bahan             Rp. 1000,-
    Sehingga saya memutuskan untuk menentukan harga jual produk saya sebesar
    Harga Jual : Rp. 2000,-

    3.      Promosi
    Pada tahap awal promosi yang dilakukan melalui promosi dari mulut ke mulut. Meskipun produk yang ditawarkan ini bukan produk baru. Disamping itu promosi juga dapat dilakukan dengan penitipan di warung – warung, dan iklan,saya menggunakan beberapa cara promosi yaitu ;
    a.       face to face
    b.      melalui media social seperti facebook dan twitter
    c.       mount to mount atau dari mulut kemulut
    d.      menggunakan situs jual beli online
    e.       berkerja sama dengan pemilik market atau took khusus penjual donat ( relasi/rekan kerja )

    4.      Place
    Distribusi adalah suatu kegiatan menyalurkan kepada konsumen yang membutuhkan. Distribusi dibagi menjadi dua macam, yaitu :
    a.       Distribusi secara langsung
    b.      Distribusi secara tidak langsung
    BAB III
    PENUTUP
    A.    Kesimpulan
    Melalui peraktik bazar/kewirausahaan diharapkan mampu menjadi motivasi bagi siswa-siswi untuk lebih kretif dan dijadikan pengalaman dalam berwirausaha serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

    B.     Saran
    Demi sempurnanya produk dan proposal yang saya sajikan, dengan kerendahan hati saya menerima saran dan kritik membangun untuk perbaikan di masa yang akan datang.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Powered by Blogger.

    Copyright © - Rifda Denita

    Rifda Denita - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan