- Home>
- Proposal Tentang Donat Enak Lengkap
Posted by : Unknown
Wednesday, 24 February 2016
DAFTAR
ISI
DAFTAR ISI...................................................................................................................... i
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Pembuatan Proposal Usaha............................................................ 1
B. Alasan
Memilih Usaha............................................................................................. 1
C. Visi Dan
Misi Perusahaan........................................................................................ 2
D. Tujuan...................................................................................................................... 2
E. Analisa Swot........................................................................................................... 2
BAB II TINJAUAN UMUM
A. Aspek Manajemen Usaha........................................................................................ 4
B. Profil Usaha............................................................................................................. 4
C. Aspek
Produksi....................................................................................................... 4
D. Nama Produk........................................................................................................... 5
E. Bahan Baku
Produksi.............................................................................................. 5
F. Peralatan.................................................................................................................. 5
G. Proses
Produksi....................................................................................................... 6
H. Biaya
Produksi........................................................................................................ 6
BAB III ASPEK PERMODALAN
A. Keuangan................................................................................................................. 7
B. Sumber Modal......................................................................................................... 7
C. Aspek Pemasaran .................................................................................................... 7
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan.............................................................................................................. 9
B. Saran........................................................................................................................ 9
BAB I
PENDAHULUAN
F. Latar
Belakang Pembuatan Proposal Usaha
Proposal usaha merupakan dokumen
tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan untuk mengembangkan semua unsur yang
relevan, sehingga orang luas tertarik untuk menjalin kerjasama. Dalam pembuatan
proposal ini ada dua aspek alasan yang penting, yaitu:
1. Alasan Edukasi
a.
Proposal ini merupakan syarat untuk mengikuti ujian
praktek kewirausahaan.
b.
Untuk mengukur kemampuan siswa untuk berwirausaha
2. Alasan Bisnis
a.
Merupakan persyaratan wirausahawan sebagai pemilik dan
pemegang inisiatif dalam membuka usaha.
b.
Mengundang orang-orang yang potensial untuk bergabung
dan bekerjasama
c.
Mengatur pembentukan kerjasama dengan perusahaan lain
yang sudah ada dan saling menguntungkan.
d.
Menjamin adanya fokus tujuan dari berbagai personil
yang ada dalam perusahaan.
G. Alasan Memilih Usaha
Kami memilih usaha ini karena
proses-prosesnya cukup mudah untuk pemula bagi kami yang baru mendirikan usaha
baru. Selain itu usaha donat ini banyak pengusaha lain yang meminati usaha ini
sehingga para pengusaha lainya berlomba-lomba mempromosikan donat dengan harga
paling murah tetapi kualitas produk itu kurang terjamin dari segi apapun dengan
untung yang didapat masih relative kecil.
Saya berbeda dengan menawarkan
produk yang terjamin dari banyak segi baik kesehatan,kualitas,kuantitas dan
brand produk tersebut dengan membuat rasa khas dengan bentuk donat berbeda.
Maka saya telah menyiapkan semua rencana usaha dengan sedetail detailnya agar
usaha ini semakin maju dan berkembang.
H. Visi Dan Misi Perusahaan
1. VISI
Mampu bersaing di dunia bisnis dan menciptakan
lapangan pekerjaan serta menjadi wirausahawan sukses.
2. MISI
a.
Membuat produk yang berkwalitas dan bermanfaat bagi konsumen
b.
Lebih menguasai bidang bisnis serta dapat
mengembangkan usaha ini
c.
Mengembangkan makanan dengan harga yang dapat
dijangkau masyarakat menengah keatas
d.
Kreatif dan Inovatif dalam membuat rasa atau model
bentuk donat yang baru
e.
Teliti dalam berusaha,menciptakan daya tarik baru
makanan berkelas,dengan menjamin mutu,kualitas dan kuantitas produk
I. Tujuan
Melalui hal ini saya berusaha untuk:
1.
Belajar dan
mencari pengalaman berwirausaha
2.
Berperan
sebagai pencipta lapangan pekerjaan
3.
Memenuhi
kebutuhan masyarakat
4.
Menanggulangi
pengangguran sejak dini
J. Analisa Swot
1.
Strength (Keunggulan)
a.
Produk mudah dipasarkan
b.
Cita rasa produk yang khas
c.
Harga termasuk murah
d.
Bentuk panganan yang menarik dan berbeda beda
2. Weakness (Kelemahan)
a.
Membutuhkan tenaga kerja yang mampu membuat rasa khas
enak, lezat, bergizi
b.
Kerugian akibat barang rusak
c.
Kurangnya karyawan dalam produksi
3. Opprtunity (Peluang)
a.
Banyak orang tua ataupun anak-anaak yang menyukai
makanan donat yang lembut
b.
Proses distribusi mudah
c.
Sudah memiliki relasi usaha dalam bidang distribusi
atau took
d.
Masyarakat yang kini lebih pintar dan modern yang
lebih mementingkan kualitas produk dari pada harga yang murah
e.
Gaya / Trend masyarakat modern yang tidak mau
ketinggalan jaman buat mencoba/membeli sesuatu
4. Treatment (Ancaman)
a.
Adanya pesaing yang membuat Donat jenis lain dangan
harga setara.
BAB II
TINJAUAN UMUM
A. Aspek Manajemen
Usaha
1. Rangkuman Eksekutif
Manajemen Pemasaran adalah suatu
usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan serta mengawasi atau
mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai semua
tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Fungsi manajemen pemasaran untuk
menganalisis pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga diperoleh keuntungan
untuk mendapat peluang usaha.
2. Sasaran Usaha
Sasaran utama (pelanggan) dari
bisnis ini adalah semua masyarakat. Sebab jika usaha ini dikenali masyarakat
dan disenangi maka keuntungan yang didapat sangat banyak dan dapat
mensejahterakan wirausaha serta membuat lowongan pekerjaan bagi pengangguran.
3. Manajemen
Usaha ini keluarga kami yang
mengelola dan kami mengajak kerjasama para tetangga serta saudara yang dapat
diandalkan dalam bisnis ini.
B. Profil Usaha
Nama
Usaha
: Rema Fendy Jaya
Jenis
Usaha
: Kuliner
Alamat
Usaha :
Jl. Raya Punggur Taman Fajar Purbolinggo
No.
Telepon :
089620519318
Blog :
remafendyjaya@blogspot.com
C. Aspek Produksi
Kegiatan yang menimbulkan tambahan
manfaat atau faedah baru. Dalam masalah ini atau menjelaskan mengenai jenis
produksi, bahan baku, dan bahan penolong proses produksi
D. Nama Produk
Nama produk adalah nama yang
diberikan kepada suatu barang dagangan yang fungsinya untuk mengetahui nama
panganan tersebut dan barang dapat di ingat lewat nama yang diberikan tersebut.
Nama produk pudding ini adalah “ DONAT
“. Diharapkan konsumen dapat mengungat apa yang mereka makan dan brand ini
diharapkan sebagai keeberuntungan bagi saya. Nama ini saya ambil dari nama
perusahaan saya yaitu PramRis.
E. Bahan Baku Produksi
Usaha yang saya jalankan ini berupa
pembuatan distribusi dan penjualan “DONAT”.
Dalam proses produksi ini membutuhkan bahan, antara
lain :
1.
Tepung
Terigu
|
2. Telur
|
3.
Mentega
|
4. Gula Pasir
|
5. Ragi
|
6. Garam
|
7. Air Mineral
|
Sehingga perlu dilakukan proses
pengolahan lebih lanjut untuk menjadi “DONAT” siap jual dan telah dikemas
secara rapi dan siap disajikan
F. Peralatan
Peralatan adaalah alat yang
digunakan untuk memproduksi produk yang saya produksi. Berikut adalah beberapa
peralatan yang saya butuhkan dalam memproduksi donat
1. Kompor Gas
2. Panci dan
Pengaduk
3. Cetakan
donat beraneka bentuk
4. Plastik mika
atau plstik bening
5. Label
6. Nampan atau
Loyang
G. Proses Produksi
Berikut ini saya akan menguraikan
proses produksi pembuatan dan penjualan DONAT :
Pembuatan serta kemasaan sebagai berikut :
- Campur tepung terigu, ragi instan, susu bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
- Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 40 gram. Bulatkan dan diamkan 10 menit.
- Pipihkan adonan dan lubangi tengahnya. Letakkan diloyang yang ditabur tepung terigu. Diamkan 30 menit sampai mengembang.
- Goreng dalam minyak padat yang sudah dipanaskan sampai matang. Angkat dan tiriskan.
- Celup ke cokelat masak pekat leleh. Tabur meises.
Tahap selanjutnya yaitu kemasan,
cara mengemas Donat sangat mudah, Donat yang telah di celup ke cokelat masak
pekat leleh dan di taburi meises dimasukkan kedalam plastik kemasan lalu yang
sudah diberi logo.
H. Biaya Produksi
Biaya produksi adalah biaya yang
dikeluarkan untuk memproduksi Pengeluaran
biaya produksi pada usaha ini yaitu sebagai berikut :
Biaya bahan baku Donat
: Rp. 750.000,-
Biaya kemasan dan Pembuatan : Rp. 250.000,- +
Jumlah
biaya : Rp. 1.000.000,-
Setiap satu kali produksi selama seminggu saya dapat
memproduksi 1000 buah donat. Jadi setiap buah saya perkirakan dari awal sampai
akhir proses pembuatan menghabiskan biaya sebesar Rp. 1.000 ,-
BAB III
ASPEK
PERMODALAN
A. Keuangan
Keuangan merupakan rincian dari
biaya-biaya yang diperlukan dalam memperlihatkan biaya produksi, modal
(investasi untuk modal awal berdirinya usaha), rencana penjualan, proyeksi,
cashflow (1 bulan), perhitungan rugi dan laba dan neraca. Berikut adalah
rinciannya:
B. Sumber Modal
Modal adalah kolektivitas dari
barang-barang yang ada dalam proses produksi. Modal adalah suatu yang sangat
penting untuk mendirikan usaha.Untuk usaha ini saya memakai 2 sumber modal
yaitu dari modal sendiri dan modal luar. Saya mempunyai modal sendiri sebesar
1.000.000,- Saya juga meminjam modal dari Bank Mandiri Syariah sebanyak Rp.
6.000.000,-
C. Aspek Pemasaran
Dalam pemasaran produk menerapkan
strategi yaitu “PRODUCT, PRICE, PROMOTION dan PLACE”
1. Produk
Didalam upaya memperlancar pemasaran
produk yang harus senantiasa ditekankan adalah pengembangan produk yang
berkesinambungan tanpa mengurangi rasa dan kualitas produk itu sendiri.
Disamping itu untuk menarik pelanggan juga dibuat kemasan produk menarik dengan
tidak kuno. Sehingga produk tersebut semakin mempunyai karakter.
2. Price (Harga)
Harga dalam strategi pemasaran
adalah suatu komponen yang sangat relative untuk dilakukan tergantung jenis
konsumen yang mana yang akan saya jadikan sasaran Dalam hal ini saya melihat dan meneliti bahwa kebanyakan pengusaha
lainya berlomba-lomba membuat produk donat dengan menawarkan harga yang
relative murah,jadi saya mempunyai peluang yang lebih besar untuk menjadikan
masyarakat menengah keatas sebagai sasaran pemasaran,masyarakat yang lebih melihat
dari segi produk bukan harga yang ditawarkan
Dalam penetapan harga berpegang pada
pemikiran bahwa kebijakan harga didasarkan atas tingkat harga yang wajar bagi
dua pihak yaitu konsumen dan produsen. Serta lebih penting lagi harus
terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.
Bentuk rincian :
Total penjualan
: Rp. 48.000.000
Total produksi
: Rp.
24.000.000 -
Laba Kasar
: Rp. 24.000.000
Biaya
: Rp. 7.500.000 -
Laba Bersih
: Rp. 16.500.000
Harga beli per@ Rp. 1.000,-
Laba per@ dari bahan Rp. 1000,-
Sehingga saya memutuskan untuk
menentukan harga jual produk saya sebesar
Harga Jual : Rp. 2000,-
3. Promosi
Pada tahap awal promosi yang
dilakukan melalui promosi dari mulut ke mulut. Meskipun produk yang ditawarkan
ini bukan produk baru. Disamping itu promosi juga dapat dilakukan dengan
penitipan di warung – warung, dan iklan,saya menggunakan beberapa cara promosi
yaitu ;
a.
face to face
b.
melalui media social seperti facebook dan twitter
c.
mount to mount atau dari mulut kemulut
d.
menggunakan situs jual beli online
e.
berkerja sama dengan pemilik market atau took khusus
penjual donat ( relasi/rekan kerja )
4. Place
Distribusi adalah suatu kegiatan
menyalurkan kepada konsumen yang membutuhkan. Distribusi dibagi menjadi dua
macam, yaitu :
a.
Distribusi secara langsung
b.
Distribusi secara tidak langsung
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Melalui peraktik bazar/kewirausahaan
diharapkan mampu menjadi motivasi bagi siswa-siswi untuk lebih kretif dan
dijadikan pengalaman dalam berwirausaha serta mampu menciptakan lapangan
pekerjaan.
B. Saran
Demi sempurnanya produk dan proposal
yang saya sajikan, dengan kerendahan hati saya menerima saran dan kritik
membangun untuk perbaikan di masa yang akan datang.
Powered by Blogger.