• Posted by : Unknown Wednesday 24 February 2016



    KATA PENGANTAR

    Puji syukur saya panjatkan kepda Allah SWT karena berkat rahmat-Nya, saya bisa membuat suatu gagasan usaha yang Insya Allah akan bermanfaat bagi saya sebagai pemilik usaha dan umumnya masyarakat.
    “MARTABAK MIE RENYAH” itulah nama yang saya berikan untuk kegiatan usaha ini, yang bergerak di bidang makanan ringan.
    Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, memberi saran, dan masukan untuk kelancaran dalam usaha ini.



    Purbolinggo, 15 Februari 2016





















    DAFTAR ISI

    KATA PENGANTAR........................................................................................................ i
    DAFTAR ISI............................................................................................................. ......... ii           
    BAB I PENDAHULUAN    
    A.    Latar Belakang........................................................................................................ 1           
    B.     Analisa SWOT............................................................................................... ......... 1
    C.     Cara Pembuatan Martabak Mie Renyah.................................................................. 2
    D.    Sigmentasi Pasar...................................................................................................... 3
    BAB II PENUTUP
    A.    Kesimpulan.............................................................................................................. 5
    B.     Harapan................................................................................................................... 5







    BAB I
    PENDAHULUAN

    A.    Latar Belakang
    1.      Sejarah
    Dalam pesaran sekarang banyak makanan yang berupa makanan kecil dan besar dengan harga yang beraneka ragam dari yang murah sampai yang mahal. Sekarang banyak aktifitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktifitas yang semakin padat , membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan yang harus dipenuhi. Paling tidak untuk cemilan saat beraktifitas. Dengan mengembangkan dari martabak sayur menjadi martabak mie, saya bermaksud untuk membuat makanan menjadi lebih simple dan mudah untuk didapat. Mungkin dapat dimakan saat bersantai ataupun sambil melakukan pekerjaan. Dan tentunya dengan harga yang terjangkau.
    Dengan pembuatan “MARTABAK MIE RENYAH” yang dibuat dengan cara yang mudah, lebih higenis yang kemudian akan dijual dengan harga yang terjangkau. Maka tentu ini pasti akan menjadi hal yang menarik minat masyarakat untuk mencoba membelinya.
    Mungkin sebelumnya kita jarang mendengar martabak mie, mungkin kita lebih sering mendengar martabak sayur atau telur. Maka dengan ini saya akan mengembangkan usaha martabak mie untuk bersaing dengan martabak sayur atau telur tersebut.
    Tujuan dari saya menjual martabak ini untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa ada juga yang namanya martabak mie, mungkin apabila martabak yang akan saya jual ini dapat diterima oleh masyarakat saya akan mengembangkan usaha ini.

    B.     Analisa SWOT
    1.      Strength (Kekuatan)
    a.       Mempunyai cirri khas yang berbeda dari usaha martabak lainnya, martabak lain yang biasanya berisi sayur, namun saya kembangkan menjadi isi mie dan telur.
    b.      Tempat yang strategis dan banyak konsumen.
    c.       Rasanya yang enak.

    2.      Weakness (Kelemahan)
    a.       Tidak cocok untuk orang yang tidak suka makanan yang berminyak.
    b.      Belum memiliki cabang.
    c.       Belum banyak dikenal oleh banyak orang.
    3.      Opportunity (Peluang)
    a.       Bisa diterima oleh sebagian masyarakat dan banyak yang menyukainya.
    b.      Ciri khas dari martabak tersebut yaitu mie mungkin membuat banyak orang penasaran akan rasa dari martabak tersebut.

    4.      Threat (Tantangan)
    a.       Banyak yang meniru usaha tersebut.
    b.      Harga bahan baku yang mungkin sewaktu waktu bisa naik dapat menyebabkan harga martabak mie ini pun bisa naik juga sewaktu waktu dan dapat mengurangi minat dari para konsumen
    c.       Terkadang cuaca yang ekstrem dapat menyebabkan orang malas keluar rumah.

    C.    Cara Pembuatan “Martabak Mie Renyah”
    1.      Siapkan bahan yang akan digunakan untuk membuat martabak, seperti wajan, serok wajan, minyak goring, dan bahan –bahan makanan seprti terigu, mie, air, telur, kulit martabak,sayur-sayuran dan bumbu-bumbu lainnya.
    2.      Lalu setelah semua siap kita buat terlebih dahulu kulit martabak mie dengan terigu, air, dan telur dicampur dan dibuat tipis-tipis secara melebar lalu kita rebus atau kita dapat membelinya dipasar.
    3.      Setelah kulit martabak mie siap, kita buat mie yang akan menjadi isi dari kulit tersebut dengan mencampur mie, sayur-sayuran dengan bumbu-bumbu lain yang kita ingin.
    4.      Setelah semua tercampur dan siap,kita masukan mie, sayur-sayuran tersebut kedalam kulit martabak lalu tutup dan goreng dengan minyak goreng yang sudah dipanaskan.
    5.      Kita tunggu 5 menit sambil membolak balikkan martabak mie tersebut sehingga matang secara merata.
    6.      Setelah matang jangan lupa dengan membukus martabak kedalam kemasan tang berbentuk plastik.







    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhkT-aqRo9rd4-yMoIoMNMZVbz_LcMVasKLBjyoftMk2WW6E_4F1W8h-XzOEdgeXy5fEeyuZ62ehwq_fM0up3jns5hMkOrNm3H_XHg0Wk1sWH1kX9YqoGg6kRXtCV2341PAdmqypd-zXp8/s1600/20140518_112909.jpg
     










    D.    Sigmentasi Pasar
    Dalam menjalankan usaha ini harusmengetahui potensi pasar yang akan dijalani agar usaha yang dijalani tersebut dapat diterima oleh kalangan masyarakat (konsumen). Dalam menjalankan usaha ini harus dapat menentukan lokasi/ tempat yang strategis, mudah dijangkau oleh masyarakat (konsumen). Dalam menjalankan usaha ini juga harus menentukan target/ sasaran pasar usaha, dengan melihat perbedaannya agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam membeli produk tersebut.
    1.      Saluran Distribusi
    Bahan baku yang akan saya buat semua saya membeli dipasar, yang terdiri dari kulit martabak, sayur-sayuran, mie, terigu, telur.

    2.      Promosi
    Untuk mempromosikan produk yang saya buat, saya akan langsung tawarkan kepada konsumen di lingkungan SMK N 2 Kendal.

    3.      Bahan baku
    Kulit martabak 2 pack (@ isi 15)                  Rp.  6.000,00
    Telur (1/4 Kg)                                                           Rp.  4.000,00
    Mie instan (2 bungkus)                                 Rp.  3.000,00
    Sayur-sayuran+ terigu                                   Rp.  3.000,00
    Pembungkus                                                 Rp.  2.000,00 +
    Total biaya yang dikeluarkan                                    Rp. 18.000,00
    BEP= Jumlah biaya yang dikeluarkan
                                        Jumlah produk
               
    = Rp. 18.000,00
    30 biji
    =Rp.600,00/ biji
    Keuntungan = 100%
    Rp. 600,00x100%= Rp. 600,00

    H penjualan                             = Rp. 600,00+ Rp. 600,00= Rp. 1.200,00
     H jual                                     = Rp. 1.200,00
    Keuntungan seluruhnya          = Rp. 1.200,00 x 30 = Rp. 36.000,00
    = Rp. 36.000,00- Rp. 18.000,00
    = Rp. 18.000,00

    Dengan hasil perhitungan terseut, dapat disimpulkan bahwa saya mendapat keuntungan/ laba sebesar Rp. 18.000,00 disetiap penjualan 30 biji martabak mie.

     












    BAB II
    PENUTUP

    A.    Kesimpulan
    Berdasarkan uraian uraian yang telah saya berikan diatas, saya dapat menyimpulkan beberapa hal, yaitu:
    1.      MARTABAK MIE RENYAH” dibuat dengan bahan yang aman dan tanpa bahan pengawet.
    2.      Harga yang terjangkau sehingga tidak terlalu menguras dompet.
    3.      Produk asli dari Indonesia.

    B.     Harapan
    Harapan saya untuk produk “MARTABAK MIE RENYAH” adalah semoga produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Disamping itu, saya berharap produk ini tidak berkurang, karena menurut saya makanan ini sangat bagus dan berkualitas.


    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOvU-ccVAiWWLTCFIuIFgPmyFq-AAQ_HlLuYo8lzyzp5X312ik2OnR7u1eUOgzugZ11UaTzMBYMVjujSobdn6l3DI5Px7hBGpWV6_sFE2fA4fVXlsgk6NEt0Grfhz8yp_9NdAUTJYfaUM/s1600/20140518_114145.jpg

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Powered by Blogger.

    Copyright © - Rifda Denita

    Rifda Denita - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan