- Home>
- Prosal Usaha Nasi Goreng Gurih Renyah Enak
Posted by : Unknown
Wednesday, 24 February 2016
DAFTAR
ISI
DAFTAR ISI...................................................................................................................... i
BAB I PENDAHULUAN
A. Tujuan usaha.................................................................................................. ......... 1
B. Manfaat umum........................................................................................................ 1
C. Manfaat
ekonomis................................................................................................... 1
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
A. Nama
perusahaan..................................................................................................... 2
B. Tempat
kedudukan / lokasi usaha............................................................................ 2
C. Jumlah
tenaga kerja................................................................................................. 2
BAB
III ASPEK PRODUK YANG DIBUAT
A. Jenis barang
yang dibuat......................................................................................... 3
B. Banyak
barang yang akan dibuat............................................................................ 3
C. Konsumen
yang dituju............................................................................................ 3
BAB
IV ASPEK PEMASARAN PRODUK
A. Profil para
konsumen yang akan dituju................................................................... 4
B. Potensi
pasar............................................................................................................ 4
BAB V ANALISIS S.W.O.T
A. Adanya kekuatan
( Strenght )................................................................................. 6
B. Adanya
kelemahan ( Weakness )............................................................................. 6
C. Adanya
peluang usaha ( Opportunity )................................................................... 6
D. Adanya
ancaman dan pemasaran produk ( Treath )................................................ 6
BAB VI ASPEK KEUNTUNGAN DAN PERMODALAN
A. Sumber Modal......................................................................................................... 7
B. Rugi Dan
Laba........................................................................................................ 7
BAB VII PENUTUP
A. Kesimpulan.............................................................................................................. 8
B. Saran.............................................................................................................. ......... 8
BAB I
PENDAHULUAN
A. Tujuan usaha
Perencanaan usaha ini bertujuan
untuk membantu masyarakat disekitar daerah Tanjungsari agar dapat membeli
barang atau produk yang mereka inginkan. Produk yang dijual bukan hanya sebagai
makanan cemilan melainkan dapat dijadikan sebagai makanan pokok, karena produk
yang kami buat dari bahan-bahan yang dapat mengenyangkan perut.
B. Manfaat umum
Dengan didirikannya toko kami tentu
akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama masyarakat kecil, karena
selain harganya murah, produk yang dijual pun terjamin kualitasnya dan tidak
memakai bahan pengawet ataupun bahan berbahaya. Adapun manfaat umum lainnya
yaitu :
1.
Menciptakan lapangan kerja.
2.
Memanfaatkn sumber daya alam.
3.
Memperbaiki struktur ekonomi masyarakat.
C. Manfaat ekonomis
Kebanyakan orang didunia ini
menginginkan produk yang murah dan berkualitas, maka dari itu perusahaan kami
memberikan harga yang murah dengan kualitas yang terjangkau.
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
A. Nama perusahaan
Nama Perusahaan : Nasi goreng simpang lima ( 5 )
Pemilik perusahaan : Sindi Rosianti
Bentuk perusahaan : Perseoranagan
Bidang perusahaan : Ritel ( eceran )
Tempat perusahaann : Jl. Raya Punggur Tanjung Intan
Purbolinggo
B. Tempat kedudukan / lokasi usaha
Penulis berencana untuk menempatkan lokasi usaha ini
di Jl. Raya Punggur Tanjung Intan Purbolinggo
C. Jumlah tenaga kerja
Jumlah tenaga kerja yang akan saya
rekrut yaitu sebanyak satu orang, karena perusahaan ini cukup mudah untuk
dikelola berdua dalam segi pembuatan, penyajian dan pemasarannya.
BAB III
ASPEK PRODUK
YANG DIBUAT
A. Jenis barang yang dibuat
Mungkin barang yang toko kami jual tidak memerlukan
waktu pembuatan yang cukup lama, melainkan dalam segi pembuatannya yaitu dengan
cara membuat nasi dengan menggunakan mejikom. Karena barang yang dijual oleh
perusahaan kami sangat mudah maka hanya membutuhkan waktu 10 – 15 menit produk
yang kami jual siap untuk dinikmati dengan sajian yang menggugah selera makan
dengan fasilitas tempat yang bersih dan udara yang sejuk.
B. Banyak barang yang akan dibuat
Nasi Goreng
|
Nasi Goreng Kentang Manis
|
Nasi Goreng Rempah Alami
|
Nasi Goreng Ikan Cingcang
|
Nasi Goreng Telur Puyuh
|
Nasi Goreng Daging Kambing
|
Nasi Goreng Daging sosis
|
Nasi Goreng Kecap Pedas
|
Nasi Goreng Kecap Sosis pedas
|
Nasi Goreng Telur
bebek
|
Nasi Goreng Balado
|
C. Konsumen yang dituju
Adapun konsumen yang dituju oleh
perusahaan kami yaitu meliputi semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja dan
dewasa.
BAB IV
ASPEK
PEMASARAN PRODUK
A. Profil para konsumen yang akan dituju
Profil konsumen yang akan kami tuju
yaitu mulai dari masyarakat, karyawan kantor, anak-anak, remaja, dewasa dll.
B. Potensi pasar
1. Lokasi daerah pemasaran
Dalam lokasi pemasaran tentunya
penulis memilih tempat yang strategis, karena agar dapat berpengaruh dalam
penghasilan penjualan suatu usaha
tepatnya didaerah Simpang No.32.
2. Potensi pemasaran
Jumlah potensi pemasaran dalam perusahaan ini yaitu :
Individu 50%
Keluarga 25%
Instansi / lembaga / perusahaan 25%
3. Penetapan Harga Produk
Harga yang ditawarkan
Perusahaan kami menetapkan harga sebesar Rp.6.000,-.
Adapun prosedur penjualannya yaitu :
Hp =
Harga bahan baku + ongkos + biaya lain- lain
Jumlah
produk
= 339.000 + 10.000 + 21.000
100
= 360.000 = Rp. 3.600,-
100
Hj = Harga pokok + Keuntungan
= 3.600 + 2.400
= 6.000
Jadi harga satu porsi nasi goreng
yaitu Rp.6.000,- / porsi.
4.
Strategi
promosi
Dalam perintisan usaha ini, penulis
memiliki beberapa strategi promosi yaitu :
-
Membuat spanduk
-
Iklan melalui radio
-
Membuat brosur – brosur
5. Sistem penjualan produk
Sistem penjualan produk pada usaha ini adalah
menggunakan system penjualan secara langsung tanpa perantara, karena usaha yang
saya kelola adalah usaha perseorangan
6. Peralatan kerja yang dibutuhkan
Peralatan
|
Kapasitas
|
Wajan
|
2
|
Cutik
|
2
|
Kompor Gas
|
1
|
Tabung Gas
|
2
|
Piring
|
1 Lusin
|
Sendok
Garpu
|
|
Selang Gas
|
1
|
Ember
|
2
|
Serokan
|
2
|
Wadah
Bumbu
|
2
|
7. Bahan baku yang dibutuhkan
Bahan Baku
|
Kapasitas
|
Beras
|
25 Kg
|
Pecin
Garam
|
1 bks
|
Daging
Sapi
|
1 kg
|
Daging
Kambing
|
1 kg
|
Telur ayam
|
1 kg
|
Kentang
|
1 kg
|
Ikan
bandeng
|
1 kg
|
Sosis
|
1 kg
|
Telur
bebek
|
1 kg
|
BAB V
ANALISIS
S.W.O.T
Analisis pasar ini dilakukan untuk
mengenal tingkat kesiapan atau keseluruhan fungsi usaha yang diperlukan untuk
mencapai sasaran yang telah ditetapkan, jadi dalam mendirikan suatu usaha harus
diadakannya analisis pasar yaitu :
A. Adanya kekuatan ( Strenght )
·
Bahan baku
mudah didapat.
·
Modal yang
cukup.
·
Harga yang
ditetapkan cukup memadai.
·
Produk yang
dijual merupakan jenis produk yang disukai untuk kalangan masyarakat.
·
Adanya
keahlian yang berbeda.
·
Berani
mengambil resiko.
B. Adanya kelemahan ( Weakness )
·
Mudah Basi
Solusi : Disesuaikan dengan persediaannya dengan
pemakaian dan pembelian.
C. Adanya peluang usaha ( Opportunity )
·
Adanya
kebutuhan dan keinginan konsumen dapat dipenuhi.
·
Konsekuensi
terhadap pesanan konsumen dapat dipercayai.
·
Berlokasikan
ditempat yang cukup strategis.
D. Adanya ancaman dan pemasaran produk ( Treath )
1. Adanya pesaing
Solusinya: Usaha kita harus melebihi pesaing, misalnya
dalam segi pelayanan harus lebih ditingkakan supaya konsumen selalu berdatangan
ke toko kita. Selera konsumen berubah – rubah Solusinya: memberikan inovasi – inovasi baru. Perubahan
bahan baku tidak menentu.
Solusi : menetapkan harga yang sesuai atau diadakannya
harga heran, potongan harga dihari
terten
BAB VI
ASPEK KEUNTUNGAN DAN PERMODALAN
A. Sumber Modal
Modal
Sendiri = Rp. 25.000.000
1. Modal Harian
-
Bahan Baku = Rp.
900.500
-
Transportasi = Rp. 20.000
-
Biaya Tak Terduga = Rp. 30.000
-
Biaya
lain-lain = Rp. 21.000 +
Rp.
97.1500,-
2. Modal Bulanan
-
Bahan Baku = Rp.
900.500
-
Transportasi = Rp. 20.000
-
Biaya Tak
Terduga = Rp. 30.000
-
Listrik = Rp.
1.600
-
Sewa tempat = Rp. 970
-
Air = Rp.
1.200
-
Gaji
Karyawan = Rp. 400.000 +
B. Rugi Dan Laba
pendapatan perhari = harga produk * banyak produk
= 6000 * 100
= 600000
pendapatan perbulan = pendapatan perhari
* 26 hari
=
600000 * 26
=
15600000
laba bersih perhari =
Laba * banyak produk
= 2400 * 100
= 240000
= pendapatan
satu bulan - modal satu bulan –
peralatan
= 15.600.000
– 13.630.000 – 900.500
= Rp.1.069.500
BAB VII
PENUTUP
A. Kesimpulan
Penulis menciptakan membuat usaha
ini untuk menyediakan kepada masyarakat lebih mudah bila akan mencari makanan
yang murah tapi enak.
B. Saran
1. Untuk produk
yang dijual buatlah rasa yang seenak mungkin agar konsumen lebih suka dengan
produk kita
2. Untuk masyarakat, atau konsumen agar tidak usah bingung lagi. Bila mencari
warung makan yang enak tapi karena penulis sudah menyediakan warung makan yang
pas sesuai dengan porsi masyarakat.
3. Untuk penulis sendiri buatlah pelayanan yang bisa memuaskan konsumen.
Demikian saran dan kesimpulan penulis buat, semoga Allah SWT. Memberikan
barokah dari rahmat-Nya bagi kita semua. Atas perhatian dan kerja samanya, kami
ucapkan terima kasih.
Penulis menyadari bahwasanya dalam pembuatan proposal ini masih jauh dari kesempurnaan.
Oleh sebab itu penulis menginginkan kritik dan saran yang bersifat membangun
atau mengatur usaha yang penulis tekuni.
Powered by Blogger.