• Posted by : Unknown Wednesday, 24 February 2016

    DAFTAR ISI

    DAFTAR ISI...................................................................................................................... i
    BAB I PENDAHULUAN
    A.    Tujuan usaha.................................................................................................. ......... 1
    B.     Manfaat umum........................................................................................................ 1
    C.     Manfaat ekonomis................................................................................................... 1
    BAB II PROFIL PERUSAHAAN
    A.    Nama perusahaan..................................................................................................... 2
    B.     Tempat kedudukan / lokasi usaha............................................................................ 2
    C.     Jumlah tenaga kerja................................................................................................. 2
    BAB   III ASPEK PRODUK YANG DIBUAT
    A.    Jenis barang yang dibuat......................................................................................... 3
    B.     Banyak barang yang akan dibuat............................................................................ 3
    C.     Konsumen yang dituju............................................................................................ 3
    BAB   IV ASPEK PEMASARAN PRODUK
    A.    Profil para konsumen yang akan dituju................................................................... 4
    B.     Potensi pasar............................................................................................................ 4
    BAB V ANALISIS S.W.O.T
    A.    Adanya kekuatan ( Strenght )................................................................................. 6
    B.     Adanya kelemahan ( Weakness )............................................................................. 6
    C.     Adanya peluang usaha ( Opportunity )................................................................... 6
    D.    Adanya ancaman dan pemasaran produk ( Treath )................................................ 6
    BAB VI ASPEK KEUNTUNGAN DAN PERMODALAN
    A.    Sumber Modal......................................................................................................... 7
    B.     Rugi Dan Laba........................................................................................................ 7
    BAB VII PENUTUP
    A.    Kesimpulan.............................................................................................................. 8
    B.     Saran.............................................................................................................. ......... 8






    BAB I
    PENDAHULUAN

    A.    Tujuan usaha
    Perencanaan usaha ini bertujuan untuk membantu masyarakat disekitar daerah Tanjungsari agar dapat membeli barang atau produk yang mereka inginkan. Produk yang dijual bukan hanya sebagai makanan cemilan melainkan dapat dijadikan sebagai makanan pokok, karena produk yang kami buat dari bahan-bahan yang dapat mengenyangkan perut.

    B.     Manfaat umum
    Dengan didirikannya toko kami tentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama masyarakat kecil, karena selain harganya murah, produk yang dijual pun terjamin kualitasnya dan tidak memakai bahan pengawet ataupun bahan berbahaya. Adapun manfaat umum lainnya yaitu :
    1.      Menciptakan lapangan kerja.
    2.      Memanfaatkn sumber daya alam.
    3.      Memperbaiki struktur ekonomi masyarakat.

    C.    Manfaat ekonomis
    Kebanyakan orang didunia ini menginginkan produk yang murah dan berkualitas, maka dari itu perusahaan kami memberikan harga yang murah dengan kualitas yang terjangkau.












    BAB II
    PROFIL PERUSAHAAN

    A.    Nama perusahaan
    Nama Perusahaan             :           Nasi goreng simpang lima ( 5 )
    Pemilik perusahaan          :           Sindi Rosianti
    Bentuk perusahaan           :          Perseoranagan
    Bidang perusahaan           :           Ritel ( eceran )
    Tempat perusahaann        :           Jl. Raya Punggur Tanjung Intan Purbolinggo                    

    B.     Tempat kedudukan / lokasi usaha
    Penulis berencana untuk menempatkan lokasi usaha ini di Jl. Raya Punggur Tanjung Intan Purbolinggo                   

    C.    Jumlah tenaga kerja
    Jumlah tenaga kerja yang akan saya rekrut yaitu sebanyak satu orang, karena perusahaan ini cukup mudah untuk dikelola berdua dalam segi pembuatan, penyajian dan pemasarannya.
















    BAB   III
    ASPEK PRODUK YANG DIBUAT

    A.    Jenis barang yang dibuat
    Mungkin barang yang toko kami jual tidak memerlukan waktu pembuatan yang cukup lama, melainkan dalam segi pembuatannya yaitu dengan cara membuat nasi dengan menggunakan mejikom. Karena barang yang dijual oleh perusahaan kami sangat mudah maka hanya membutuhkan waktu 10 – 15 menit produk yang kami jual siap untuk dinikmati dengan sajian yang menggugah selera makan dengan fasilitas tempat yang bersih dan udara yang sejuk.

    B.     Banyak barang yang akan dibuat
               
    Nasi Goreng
    Nasi Goreng Kentang Manis
    Nasi Goreng Rempah Alami
    Nasi Goreng Ikan Cingcang
    Nasi Goreng Telur Puyuh
    Nasi Goreng Daging Kambing
    Nasi Goreng Daging sosis
    Nasi Goreng Kecap Pedas
    Nasi Goreng Kecap Sosis pedas
    Nasi Goreng Telur bebek
    Nasi Goreng Balado

    C.    Konsumen yang dituju
    Adapun konsumen yang dituju oleh perusahaan kami yaitu meliputi semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja dan dewasa.
     







    BAB   IV
    ASPEK PEMASARAN PRODUK

    A.    Profil para konsumen yang akan dituju
    Profil konsumen yang akan kami tuju yaitu mulai dari masyarakat, karyawan kantor, anak-anak, remaja, dewasa dll.

    B.     Potensi pasar
    1.      Lokasi daerah pemasaran
    Dalam lokasi pemasaran tentunya penulis memilih tempat yang strategis, karena agar dapat berpengaruh dalam penghasilan  penjualan suatu usaha tepatnya didaerah  Simpang No.32.
    2.      Potensi pemasaran
    Jumlah potensi pemasaran dalam perusahaan ini yaitu :
    Individu                                                        50%
      Keluarga                                                      25%
    Instansi / lembaga / perusahaan                    25%
    3.      Penetapan Harga Produk
    Harga yang ditawarkan
    Perusahaan kami menetapkan harga sebesar Rp.6.000,-. Adapun prosedur penjualannya yaitu :
    Hp     = Harga bahan baku + ongkos + biaya lain- lain
              Jumlah produk
                  = 339.000 + 10.000 + 21.000   
                                       100
    =          360.000           = Rp. 3.600,-
                                100
    Hj        =          Harga pokok + Keuntungan
               =           3.600 + 2.400
               =           6.000
    Jadi harga satu porsi nasi goreng yaitu Rp.6.000,- / porsi.
    4.      Strategi promosi
    Dalam perintisan usaha ini, penulis memiliki beberapa strategi promosi yaitu :
    -          Membuat spanduk
    -            Iklan melalui radio
    -          Membuat brosur – brosur
    5.      Sistem penjualan produk
    Sistem penjualan produk pada usaha ini adalah menggunakan system penjualan secara langsung tanpa perantara, karena usaha yang saya kelola adalah usaha perseorangan

    6.      Peralatan kerja yang dibutuhkan
    Peralatan
    Kapasitas
    Wajan
    2
    Cutik
    2
    Kompor Gas
    1
    Tabung Gas
    2
    Piring
    1 Lusin
    Sendok Garpu

    Selang Gas
    1
    Ember
    2
    Serokan
    2
    Wadah Bumbu
    2

    7.      Bahan baku yang dibutuhkan

    Bahan Baku
    Kapasitas
    Beras
    25 Kg
    Pecin Garam
    1 bks
    Daging Sapi
    1 kg
    Daging Kambing
    1 kg
    Telur ayam
    1 kg
    Kentang
    1 kg
    Ikan bandeng
    1 kg
    Sosis
    1 kg
    Telur bebek
    1 kg


    BAB V
    ANALISIS S.W.O.T

    Analisis pasar ini dilakukan untuk mengenal tingkat kesiapan atau keseluruhan fungsi usaha yang diperlukan untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan, jadi dalam mendirikan suatu usaha harus diadakannya analisis pasar yaitu :

    A.    Adanya kekuatan ( Strenght )
    ·         Bahan baku mudah didapat.
    ·         Modal yang cukup.
    ·         Harga yang ditetapkan cukup memadai.
    ·         Produk yang dijual merupakan jenis produk yang disukai untuk kalangan masyarakat.
    ·         Adanya keahlian yang berbeda.
    ·         Berani mengambil resiko.

    B.     Adanya kelemahan ( Weakness )
    ·         Mudah Basi
    Solusi : Disesuaikan dengan persediaannya dengan pemakaian dan pembelian.

    C.    Adanya peluang usaha ( Opportunity )
    ·         Adanya kebutuhan dan keinginan konsumen dapat dipenuhi.
    ·         Konsekuensi terhadap pesanan konsumen dapat dipercayai.
    ·         Berlokasikan ditempat yang cukup strategis.

    D.    Adanya ancaman dan pemasaran produk ( Treath )
    1.      Adanya pesaing
    Solusinya: Usaha kita harus melebihi pesaing, misalnya dalam segi pelayanan harus lebih ditingkakan supaya konsumen selalu berdatangan ke toko kita. Selera konsumen berubah – rubah  Solusinya: memberikan inovasi – inovasi baru. Perubahan bahan baku tidak menentu.
    Solusi : menetapkan harga yang sesuai atau diadakannya harga  heran, potongan harga dihari terten
    BAB VI
    ASPEK KEUNTUNGAN DAN PERMODALAN

    A.    Sumber Modal
    Modal Sendiri     = Rp. 25.000.000
    1.      Modal Harian
    -          Bahan Baku              =          Rp. 900.500
    -          Transportasi              =          Rp.   20.000
    -          Biaya Tak Terduga   =          Rp.   30.000
    -          Biaya lain-lain                       =          Rp.   21.000 +
    Rp. 97.1500,-

    2.      Modal Bulanan
    -          Bahan Baku              =          Rp. 900.500
    -          Transportasi              =          Rp.   20.000
    -          Biaya Tak Terduga   =          Rp.   30.000
    -          Listrik                                   =          Rp.     1.600
    -          Sewa tempat             =          Rp.        970
    -          Air                            =          Rp.     1.200
    -          Gaji Karyawan         =          Rp.  400.000 +

    B.     Rugi Dan Laba
    pendapatan perhari = harga produk * banyak produk
            = 6000 * 100
            = 600000
    pendapatan perbulan = pendapatan perhari * 26 hari
              = 600000 * 26
              = 15600000
    laba bersih perhari       = Laba * banyak produk
    = 2400 * 100
    = 240000
    = pendapatan satu bulan  - modal satu bulan – peralatan
    = 15.600.000 – 13.630.000 – 900.500
    = Rp.1.069.500
    BAB VII
    PENUTUP

    A.    Kesimpulan
    Penulis menciptakan membuat usaha ini untuk menyediakan kepada masyarakat lebih mudah bila akan mencari makanan yang murah tapi enak.

    B.     Saran
    1.      Untuk produk yang dijual buatlah rasa yang seenak mungkin agar konsumen lebih suka dengan produk kita
    2.      Untuk masyarakat, atau konsumen agar tidak usah bingung lagi. Bila mencari warung makan yang enak tapi karena penulis sudah menyediakan warung makan yang pas sesuai dengan porsi masyarakat.
    3.      Untuk penulis sendiri buatlah pelayanan yang bisa memuaskan konsumen.

    Demikian saran dan kesimpulan penulis buat, semoga Allah SWT. Memberikan barokah dari rahmat-Nya bagi kita semua. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.
    Penulis menyadari bahwasanya dalam pembuatan proposal ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu penulis menginginkan kritik dan saran yang bersifat membangun atau mengatur usaha yang penulis tekuni.




    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Powered by Blogger.

    Copyright © - Rifda Denita

    Rifda Denita - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan