• Posted by : Unknown Wednesday, 24 February 2016



    BAB I
    PENDAHULUAN

    A.    Latar Belakang
     Saya mengangkat usaha bakwan jagung ini karena ada beberapa faktor yaitu karena bakwan jagung makanan yang mudah di dapat dan banyak di gemai oleh beberapa masyarakat di indonesia. Tujuan dari usaha saya ini lebih di tekankan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, menyalurkan hoby memasak, dan juga untuk meningkatkan keterampilan membuat aneka masakan.

    B.     Tujuan Penyusunan  Proposal
    -          Inisiatif  wirausaha sebagai pemilik usaha dalam membuka usaha
    -          Memajukan keahidupan masyarakat dan memperbaiki ekonomi masyarakat
    -          Menjadikan siswa lebih kreatif dan inovatif tentang berwira usaha
    -          Menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwira usaha
    -          Berguna untuk melakukan kerja sama dengan pendiri usaha lain
    -          Dapat membuka lapangan kerja baru

    C.    Identitas Perusahaan
    Nama                           : Maju Jaya
    Nama jenis usaha        : Bakwan Jagung Renyah
    Alamat                        : Ds. Nawangsari Rt.17 Rw.03
    Nama pemilik              : Muhamad Apriliandi
    Bentuk usaha              : Perorangan

    D.    Deskripsi Umum
    Bakwan Jagung merupakan suatu bidang kegiatan usaha yang bergerak di bidnag cemilan atau makanan ringan. Bakwan jagung didirikan oleh saya untuk berwirausaha sebagai inplementasi dari mata pelajaran kewirausahaan.





    E.     Visi dan Misi Perusahaan
    1.      Visi Perusahaan
    Menjadi yang terbaik dalam kualitas produk
    Menjadi wirausaha dengan pemasaran produk yang terbaik
    2.      Misi Perusahaan
    Memilih bahan baku yang bermutu serta berkualitas
    Mewujudkan pelayanan yang cepat dan tanggap
    Mewujudkan daya tarik masyarakat

    F.     Keunggulan Produk
    -          Pembuatan yan mudah
    -          Memiliki rasa yang krispi
    -          Cepat di kenal di masyarakat





















    BAB II
    KEGIATAN USAHA

    A.    Aspek Produksi
    1.      Bahan
    -          5 buah jagung manis
    -          1 butir telur ayam
    -          4 sendok makan terigu atau apa saja
    -          Seledri secukupnya cincang (sesuai selera)
    -          1 batang daun bawang ( diiris agak tipis)
    Bumbu yang di haluskan
    -          Garam secukupnya
    -          4 siung bawang putih
    -          1 siung bawang merah
    -          1 butir kemiri
    -           ¼ sendok teh ketumbar
    -          3 buah cabe merah, di tumbuk kasar
    2.      Alat
    -          Wajan
    -          Susruk
    -          Serok
    -          Kompor gas
    -          Bascom
    -          Pisau
    -          Penampan
    -          Serutan
    3.      Cara pembuatan bakwan jagung
    -          Pertama jagung di serut (sebagian di tumbuk kasar sebagian di biarkan bulat bulat)
    -          Lalu campurkan jagung, bumbu, telur, seledri, daun bawang, terigu jadi satu
    -          Terakhir panaskan minyak goreng, ambil adonan 1 sendok makan terus goreng hingga matang kuning keemasan.
    Keterangan :
    Waktu memasak 30 menit dan menghasilkan 10 bakwan
    BAB  III
    ASPEK  PEMASARAN

    A.    Sigmentasi Produk
    -          Menentukan obyek pasar
    -          Menganalisa obyek pasar
    -          Menetapkan target pasar

    B.     Target Pasar dan Konsumsi
    Saya melakukan pengamatan terhadap lingkungan di masyarakat sebagai calon konsumen sehingga usaha ini memiliki pasar yang jelas. Setiap usaha yang baru mulai memerlukan ketepatan dalam pengambilan keputusan.
    Jika tidak, maka kegagalan akan muncul dalam usahanya. Ketepatan tersebut dapat diperoleh melalui pendekatan yang sesuai salah satunya adalah analisis SWOT.
    Analisis SWOT adalah mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. SWOT adalah kependekan dari strength, weakness, opportunity dan threat. Adapun penjabaranya adalah sebagai berikut :
    1.      Strength atau Kekuatan
    -          Konsumen dapat langsung membeli di warung terdekat
    -          Menggunakan pemasaran yang menarik dan agresif sebagai bisnin baru seperti menggunakan jejaring sosial dan bertemu secara langsung
    -          Usaha ini satu satu nya dalam lingkungan masyarakat yang melakukan bisnisBakwan jagung Renyah sehingga memancing rasa penasaran dan keingintahuan calon pembeli
    -          Lokasi pemasaran yang strategis dan mudah di jangkau oleh masyarakat umum
    -          Menawarkan harga yang terjangkau untuk masyarakat

    2.      Weakness atau Kelemahan
    -          Bakwan jagung Renyah merupakan produk baru yang belum terlalu di kenal, untuk menangani kelemahan ini , saya melakukan promosi secara terus menerus melalui media komunikasi serta pertemuan langsung dengan konsumen
    -          Bahan yang tidak tahan lama untuk mengatasi kelemahan tersebut saya membatasi pembelian bahan dan menargetkan penjualan agar bahan habis terpakai sebelum kadaluarsa.
    3.      Oportunities atau Kesempatan
    -          Dapat berkembang menjadi usaha yang menawarkan berbagai rasa seperti rasapedas, dan lain lain
    -          Memperluas pemasaran dengan area penjualan ke tempat tempat lain nya

    4.      Threats atau Ancaman
    -          Kebiasaan individu yang lebih dulu membeli kripiki kepada penjual yang telah mereka kenal atau percayai sehingga mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli Bakwan jagung Renyah. Untuk mengatasi ancaman tersebut, di antisipasi dengan membuat kemasan yang menarik serta menggunakanrasa rasa sesuai keinginan konsumen
    -          masyarakat mengenai produk Bakwan jagung Renyah ini, sehingga masyarakat terkesan enggan karena Bakwan jagung Renyah terdengar  tak asing di telinga mereka. Antisipasinya yaitu dengan lebih mensosialisasikan produk ke masyarakat luas secara langsung dan terbuka

    5.      Analisa 4 P
    -          Produc ( Produk)        : Bakwan Jagung
    -          Prich (Harga)               : Rp 500
    -          Promotion (Promosi)   : Dari mulut ke mulut dan jejaring sosial
    -          Place (Tempat)            : Dititipkan di warung warung, kantin sekolah,

    { 1 comments... read them below or add one }

    1. polos dan sederhana, mr pedro adalah orang yang paling baik dan petugas pinjaman terbaik di layanannya. kami memiliki jalan yang sangat bergelombang selama seluruh proses renovasi bisnis kami, karena keadaan kehabisan dana. mr pedro tetap di atas semua pihak untuk memastikan semuanya tetap pada jalurnya untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat untuk menutup pinjaman kami. kami menghargai semua yang dia lakukan untuk kami dan kami sangat merekomendasikan dia dan perusahaan pinjamannya kepada siapa pun yang ingin mendapatkan pembiayaan. terima kasih kembali pak pedro. hubungi mr pedro jerome di: pedroloanss@gmail.com juga di whatsapp: +1-8632310632.

      ReplyDelete

  • Powered by Blogger.

    Copyright © - Rifda Denita

    Rifda Denita - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan