- Home>
- Contoh Proposal Usaha Bakwan Goreng
Posted by : Unknown
Wednesday, 24 February 2016
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Saya mengangkat usaha bakwan
jagung ini karena ada beberapa faktor yaitu karena bakwan jagung makanan yang
mudah di dapat dan banyak di gemai oleh beberapa masyarakat di indonesia.
Tujuan dari usaha saya ini lebih di tekankan untuk mendapatkan keuntungan yang
maksimal, menyalurkan hoby memasak, dan juga untuk meningkatkan keterampilan
membuat aneka masakan.
B. Tujuan
Penyusunan Proposal
-
Inisiatif wirausaha sebagai pemilik usaha
dalam membuka usaha
-
Memajukan keahidupan masyarakat dan memperbaiki
ekonomi masyarakat
-
Menjadikan siswa lebih kreatif dan inovatif tentang
berwira usaha
-
Menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwira
usaha
-
Berguna untuk melakukan kerja sama dengan pendiri
usaha lain
-
Dapat membuka lapangan kerja baru
C. Identitas
Perusahaan
Nama :
Maju Jaya
Nama jenis
usaha : Bakwan Jagung Renyah
Alamat :
Ds. Nawangsari Rt.17 Rw.03
Nama
pemilik :
Muhamad Apriliandi
Bentuk
usaha :
Perorangan
D. Deskripsi
Umum
Bakwan Jagung merupakan suatu bidang
kegiatan usaha yang bergerak di bidnag cemilan atau makanan ringan. Bakwan
jagung didirikan oleh saya untuk berwirausaha sebagai inplementasi dari mata
pelajaran kewirausahaan.
E. Visi dan Misi
Perusahaan
1. Visi Perusahaan
Menjadi yang terbaik dalam kualitas produk
Menjadi wirausaha dengan pemasaran produk yang terbaik
2. Misi Perusahaan
Memilih bahan baku yang bermutu serta berkualitas
Mewujudkan pelayanan yang cepat dan tanggap
Mewujudkan daya tarik masyarakat
F. Keunggulan
Produk
-
Pembuatan yan mudah
-
Memiliki rasa yang krispi
-
Cepat di kenal di masyarakat
BAB II
KEGIATAN USAHA
A.
Aspek Produksi
1. Bahan
-
5 buah jagung manis
-
1 butir telur ayam
-
4 sendok makan terigu atau apa saja
-
Seledri secukupnya cincang (sesuai selera)
-
1 batang daun bawang ( diiris agak tipis)
Bumbu yang
di haluskan
-
Garam secukupnya
-
4 siung bawang putih
-
1 siung bawang merah
-
1 butir kemiri
-
¼ sendok teh ketumbar
-
3 buah cabe merah, di tumbuk kasar
2. Alat
-
Wajan
-
Susruk
-
Serok
-
Kompor gas
-
Bascom
-
Pisau
-
Penampan
-
Serutan
3. Cara pembuatan bakwan jagung
-
Pertama jagung di serut (sebagian di tumbuk kasar
sebagian di biarkan bulat bulat)
-
Lalu campurkan jagung, bumbu, telur, seledri, daun
bawang, terigu jadi satu
-
Terakhir panaskan minyak goreng, ambil adonan 1 sendok
makan terus goreng hingga matang kuning keemasan.
Keterangan :
Waktu memasak 30 menit dan menghasilkan 10 bakwan
BAB III
ASPEK PEMASARAN
A. Sigmentasi Produk
-
Menentukan
obyek pasar
-
Menganalisa
obyek pasar
-
Menetapkan
target pasar
B. Target Pasar dan Konsumsi
Saya melakukan pengamatan terhadap lingkungan di masyarakat sebagai calon
konsumen sehingga usaha ini memiliki pasar yang jelas. Setiap usaha
yang baru mulai memerlukan ketepatan dalam pengambilan keputusan.
Jika tidak, maka kegagalan akan muncul dalam usahanya. Ketepatan tersebut
dapat diperoleh melalui pendekatan yang sesuai salah satunya adalah analisis
SWOT.
Analisis SWOT adalah mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis
untuk merumuskan strategi perusahaan. SWOT adalah kependekan dari
strength, weakness, opportunity dan threat. Adapun penjabaranya adalah sebagai
berikut :
1. Strength atau Kekuatan
-
Konsumen
dapat langsung membeli di warung terdekat
-
Menggunakan
pemasaran yang menarik dan agresif sebagai bisnin baru seperti menggunakan
jejaring sosial dan bertemu secara langsung
-
Usaha ini
satu satu nya dalam lingkungan masyarakat yang melakukan bisnisBakwan
jagung Renyah sehingga memancing rasa
penasaran dan keingintahuan calon pembeli
-
Lokasi
pemasaran yang strategis dan mudah di jangkau oleh masyarakat umum
-
Menawarkan
harga yang terjangkau untuk masyarakat
2. Weakness
atau Kelemahan
-
Bakwan jagung Renyah merupakan produk baru yang belum terlalu di kenal, untuk menangani
kelemahan ini , saya melakukan promosi secara terus menerus melalui media
komunikasi serta pertemuan langsung dengan konsumen
-
Bahan yang
tidak tahan lama untuk mengatasi kelemahan tersebut saya membatasi pembelian
bahan dan menargetkan penjualan agar bahan habis terpakai sebelum kadaluarsa.
3. Oportunities
atau Kesempatan
-
Dapat
berkembang menjadi usaha yang menawarkan berbagai rasa seperti rasapedas, dan lain lain
-
Memperluas
pemasaran dengan area penjualan ke tempat tempat lain nya
4. Threats atau
Ancaman
-
Kebiasaan
individu yang lebih dulu membeli kripiki kepada penjual yang telah mereka kenal atau percayai sehingga
mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli Bakwan jagung Renyah. Untuk mengatasi ancaman tersebut, di antisipasi dengan membuat kemasan
yang menarik serta menggunakanrasa rasa sesuai keinginan konsumen
-
masyarakat
mengenai produk Bakwan jagung Renyah ini, sehingga masyarakat terkesan enggan karena Bakwan
jagung Renyah terdengar tak asing di telinga mereka. Antisipasinya yaitu dengan lebih mensosialisasikan
produk ke masyarakat luas secara langsung dan terbuka
5. Analisa 4 P
-
Produc (
Produk) : Bakwan Jagung
-
Prich
(Harga) :
Rp 500
-
Promotion
(Promosi) : Dari mulut ke mulut dan jejaring sosial
-
Place
(Tempat) : Dititipkan di warung warung, kantin sekolah,
Powered by Blogger.
polos dan sederhana, mr pedro adalah orang yang paling baik dan petugas pinjaman terbaik di layanannya. kami memiliki jalan yang sangat bergelombang selama seluruh proses renovasi bisnis kami, karena keadaan kehabisan dana. mr pedro tetap di atas semua pihak untuk memastikan semuanya tetap pada jalurnya untuk memenuhi tenggat waktu yang ketat untuk menutup pinjaman kami. kami menghargai semua yang dia lakukan untuk kami dan kami sangat merekomendasikan dia dan perusahaan pinjamannya kepada siapa pun yang ingin mendapatkan pembiayaan. terima kasih kembali pak pedro. hubungi mr pedro jerome di: pedroloanss@gmail.com juga di whatsapp: +1-8632310632.
ReplyDelete